FAQ Kacamata 3D Polarized




1. 
Q: Apakah kacamata polarized bisa digunakan untuk TV biasa seperti TV tabung, LCD, Monitor, LED TV dan LED 3D TV?
A: Kacamata 3D Polarized tidak bisa digunakan untuk TV/LCD/Monitor jenis apapun, kecuali TV 3D LG terbaru jenis Cinema 3D yang cocok dengan jenis Circular Polarize. Kacamata ini bisa menangkap gelombang polarized dari proyektor polarized yang hanya terdapat pada bioskop-bioskop 3D atau gambar dari TV 3D LG jenis Cinema 3D. 

2. 
Q: Saya punya proyektor di rumah. Berarti saya bisa menggunakan kacamata 3D polarized ini buat nonton film 3D di rumah?
A: Tidak juga. Proyektor yang digunakan untuk memutar film 3D harus memiliki filter polarized khusus untuk bisa menghasilkan gelombang polarized yang bisa ditangkap oleh kacamata 3D.

3. 
Q: Bagaimana dengan TV LED 3D Samsung, bukannya warna lensa kacamatanya mirip-mirip dengan kacamata 3D polarized?
A: Sebetulnya tidak mirip sama sekali. Kacamata 3D polarized merupakan kacamata yang pasif, tidak menggunakan baterai dan hanya berupa lensa polarized saja. Sedangkan kacamata 3D untuk 3D LED TV  Samsung, LG, dsb merupakan kacamata aktif, menggunakan baterai, dengan sistem buka-tutup secara bergantian antara lensa kiri dan kanan, yang frekwensinya disesuaikan dengan output gambar dari 3D LED TV nya. Saat ini LG telah mengeluarkan TV 3D dengan kacamata pasif (tanpa baterai) yang cocok dengan kacamata circular polarized.

4. 
Q: Saya mempunyai LCD 52" Full HD 1080p. Kacamata apa yang paling bagus dan cocok untuk LCD saya ini?
A: Semua jenis TV, baik itu LCD, LED, TV Tabung, Monitor, hanya bisa menggunakan kacamata 3D dengan lensa berwarna/anaglyph seperti kacamata red/cyan, green/magenta dan amber/blue. Sehingga jenis kacamata itulah yang terbaik untuk semua TV, termasuk LCD 52" Full HD 1080p.

5. 
Q:Apakah saya bisa mendapatkan film 3D untuk kacamata polarized?
A:Film 3D polarized merupakan film bioskop yang tidak dijual bebas seperti DVD/Bluray. Semua film 3D yang ada dipasaran kebanyakan adalah untuk kacamata anaglyph red cyan, green magenta atau amber blue. Untuk yang menggunakan LG Cinema 3D bisa menggunakan film 3D Side by Side (SBS) yang bisa didapatkan di sini.

6. 
Q: Apakah di sini jual kacamata aktif buat 3D LED TV?
A: Untuk sementara ini kami tidak berencana untuk menjual kacamata  aktif 3D LED TV karena selain harga satuannya masih sangat mahal, setiap merek memiliki frekwensi yang berbeda-beda akibatnya kacamata 3D Samsung tidak bisa digunakan di LED TV LG, dan juga sebaliknya. Untuk kacamata pasif LG Cinema 3D bisa menggunakan jenis Circular Polarized.

7. 
Q: Apa bedanya Circular Polarized dan Linear Polarized?
A: Perbedaannya ada di teknik polarisasinya. Circular polarized bisa digunakan di blitzmegaplex, linear polarized bisa digunakan di TMII, Teater 4D Gelanggang Samudera dan Ocean Park. Keduanya memiliki kekurangan dan keunggulan masing-masing. Untuk lebih jelasnya bisa klik di sini.

8. 
Q: Apa keuntungannya punya kacamata polarized sendiri? Bukannya di bioskop sudah dikasih pinjam?
A: Sebagian orang menganggap kacamata merupakan barang yang bersifat 'private', sama seperti pakaian, sikat gigi, sisir atau topi, sehingga mereka lebih nyaman apabila memakai miliknya sendiri. Selain itu meskipun dikasih pinjam, kacamata yang dipakai bersama umumnya tidak higienis,  seperti yang bisa dibaca di artikel berikut ini. Apalagi penyakit mata merupakan penyakit yang sangat mudah menular, maka dianjurkan penonton, terutama yang sering nonton film 3D di bioskop untuk membawa kacamatanya sendiri. Atau paling tidak membersihkan kacamata pinjamannya dengan tissue beralkohol sebelum digunakan.

9. 
Q: Bagaimana hasilnya apabila saya menggunakan kacamata 3D linear polarized di bioskop yang menggunakan proyektor circular polarized? Atau sebaliknya?
A: Hasilnya adalah gambar tetap berbayang seperti tidak memakai kacamata 3D.

10. 
Q: Kacamata di XXI terasa berat dan kurang nyaman. Apakah saya bisa memakai kacamata polarized ini sebagai penggantinya buat nonton di XXI?
A: Tidak bisa. XXI menggunakan teknologi dolby 3D yang berbeda dengan polarized, harus menggunakan kacamata khusus dolby 3D. Kacamata polarized baik itu circular ataupun linear tidak bisa digunakan di XXI. Apabila dicoba, hasilnya gambar tetap berbayang seperti tidak memakai kacamata. Sebagai informasi tambahan, kacamata XXI terasa berat karena diberi chip anti maling, karena kacamata dolby 3D harganya sangat mahal dan tidak dijual bebas di pasaran. Untuk lebih jauhnya mengenai dolby 3D ini bisa baca di sini.